Resep Menciptakan Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat - Kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang gampang di sanggup dan terjangkau dimana-dimana . dari pasar tradisional sampai supermarket-supermarket terdekat yang menyajikan kangkung segar . mempunyai harga yang murah dan gampang di olah menjadi masakan yang enak . menciptakan banyak orang menyukai kangkung sebagai salah satu sayur pilihan untuk sobat nasi .

Kangkung yang mempunyai kandungan gizi menyerupai vitamin A , Vitamin B1 , Vitamin C , Protein , Kalsium , Fosfor dan Zat Besi sangat baik di konsumsi oleh badan . tapi hati-hati ketika mau mengolah sayuran kangkung ini ya sobat . kangkung yang hidup di rawa-rawa riskan sekali dengan binatang-binatang kecil yang melekat di dalam kangkung . sehingga harus benar-benar di bersihan biar kangkung kondusif di konsumsi oleh keluarga .

Kangkung sendiri biasanya di olah menjadi cah kangkung , tumisan , pecel sayur , gado-gado jawa , bahkan ada yang mengakibatkan sebagai lalaban mentah maupun yang hanya di rebus saja . biasanya kalau di jadikan lalaban , si kangkung dinikmati dengan ikan asin dan sambal cabe . uhh makyus sekali niscaya tuh . tapi kali ini harianresep.blogspot akan mengajak kalian untuk mengolah kangkung dengan nikmat dan enak .

Yaitu dengan di tumis dan di beri irisan oncom yang mempunyai aroma khas sedap . tumis kangkung oncom menyerupai ini sangat khas sekali di kawasan sunda . menyerupai bogor , bandung , sukabumi , dan kawasan sunda lainnya . untuk orang sunda , tumis oncom menyerupai ini tentu saja sudah tak ajaib lagi bagi mereka . di masak dengan bumbu pilihan menciptakan tumis oncom mempunyai aroma amis yang sedap dan rasanya yang mantap .

Cocok sekali kalau di sajikan dengan nasi hangat beserta lauk pilihan anda dan keluarga . di nikmatinya ketika masih panas gitu ya sobat , biar terasa lebih makyus . soalnya kan tumis kangkung sendiri merupakan salah satu sayuran yang gampang layu sehabis di masak . so , jangan sungkan lagi untuk mengkonsumsi kangkung , alasannya banyak gizinya yang baik bagi badan . 

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Contoh Gambar Tumis Kangkung

Sejarah Asal Usul Mula Oncom 

Oncom merupakan jenis kuliner yang khas dari tradisonal indonesia . oncom yang terbuat dari ampas tahu ini merupakan salah satu materi kuliner yang terkenal di kawasan jawa , khususnya jawa barat . beberapa sajian yang enak dan enak sanggup di buat dengan materi dasar oncom . dari warteg , rumah makan sunda sampai restauran serasa ingin berlomba-lomba menghadirkan sajian masakan yang enak dan nikmat yang terbuat dari oncom . 

Jika kita telusuri oncom merupakan materi kuliner yang merupakan hasil fermentasi dari beberapa jenis kapang ( materi yang biasa diolah menjadi tempe ) . oncom sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni oncom merah dan oncom hitam . oncom merah merupakan degradasi oleh kapang oncom Neurosporasitophila atau N.intermedia , sedangkan oncom hitam di degradasi oleh kapang tempe Rhizopus Oligosporus .

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Contoh Gambar Oncom

Untuk oncom merah umumnya dibentuk dari bungkil tahu , yakni dengan mengambil kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu . dan untuk oncom hitam dibentuk dari bungkil kacang tanah , namun terkadang dicampur ampas singkong atau tepung tapioka . bertujuan biar oncom hitam mempunyai tekstur yang lebih baik dan lunak .

Walapun oncom merah dan oncom hitam ini merupakan limbah , namun kandungan gizi yang terdapat pada oncom cukup tinggi untuk dimanfaatkan oleh insan . kalian pastinya sudah pernah menikmati oncom ini bukan ? selain mempunyai rasa yang enak , mempunyai harga yang murah dan kandungan gizinya pun baik untuk badan kita . untuk oncom sendiri sanggup kita jumpai di warung sayur menyerupai di pasar-pasar tradional maupun di pasar modern .

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Oncom

Selain terkenal mempunyai harga yang murah meriah , oncom sendiri juga mempunyai kandungan gizi yang sangat baik sebagai sumber asupan gizi sehari-sehari menyerupai yang sudah kita bahas tadi .

Kandungan karbohidrat serta proteinnya yang tinggi ditemukan pada bungkil kacang tanah yang merupakan salah satu materi terbuatnya oncom . populasi kapang juga diketahui sanggup menekan produksi alfatoksin dari Aspergillus Flavus yang sebelumnya telah mencemari bungkil .

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Contoh Gambar Oncom Merah

Kejadian degradasi yang dilakukan oleh kapang mengakibatkan terjadinya beberapa oligosakarida sederhana menyerupai rafinosa , sukrosa , dan stakhiosa menurun pesat kandungannya akhir acara enzim a-galaktosidase , yang menghasilkan kapang .

Tentu saja hal ini sangat baik untuk pencernaan , mengingat rafinosa dan stakhiosa berperan penting dalam tanda-tanda faltulensi yang muncul kalau orang mengkonsumsi kacang tanah atau biji kedelai .

Penampilan , bentuk dan warna yang ada pada oncom kalau kita lihat sekilas memang kurang menarik . meskipun oncom mempunyai gizi yang tinggi dan baik dikonsumsi oleh badan . baiklah , sehabis kita menjelaskan perihal kankung , asal permintaan oncom dan nilai gizi dari oncom , mari kita simak baik-baik resep dan cara menciptakan tumis oncom yang pedas dan super nikmat di bawah ini . cekidot :)

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat

Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat
Contoh Gambar Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat

Bahan Tumis Kangkung Oncom :

  • Kangkung 2 ikat ( potong-potong kemudian basuh sampai higienis )
  • Oncom merah 350 gram ( rendam dalam air panas sebentar , angkat kemudian peras )
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 6 butir
  • Cabai merah besar 2 buah ( diiris serong )
  • Cabai rawit hijau 10 buah ( diiris serong )
  • Tomat 1 buah ( diiris )
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya ( optional )
  • Minyak sayur ( dipakai untuk menumis )

Cara Membuat Tumis Kangkung Oncom :

  1. Pertama-tama panaskan minyak sayur , kemudian tumis bawang merah dan bawang putih sampai amis . 
  2. Selanjutnya masukkan cabe merah , cabe rawit , tomat , garam , gula dan penyedap rasa . aduk-aduk sampai rata .
  3. Kemudian masukkan kangkung yang sudah di basuh higienis dan oncon , aduk rata . kemudian masak sampai kangkung sedikit layu dan oncom matang .
  4. Angkat , dan tumis oncom yang enak dan super pedas siap di sajikan di piring saji .

Pedas dan gurihnya tumis kangkung oncom ini begitu nikmat . apalagi bagi kalian yang suka sekali dengan pedas , rasanya pedasnya nampol sekali sobat . tapi bagi kalian yang tidak terlalu suka pedas penggunaan cabe rawitnya sanggup di atur sesuai selera ya . yasudah , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat yang kami bagikan kali ini . 
Jangan Lewatkan :
Resep Membuat Bola Udang Saus Bangkok Enak 
 Resep Cah Kangkung Saus Tiram Lezat
Terimakasih sudah membuka , semoga resep-resep yang kami bagikan sanggup bermanfaat untuk kalian . kalau kalian menyukai artikel Resep Membuat Tumis Kangkung Oncom Pedas Nikmat ini silahkan like atau share kemedia sosial kalian menyerupai facebook , twitter atau google plus biar memudahkan kami dalam membuatkan aneka resep lainnya . sekian , seeyou :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel