Resep Menciptakan Camilan Cantik Wajik Gula Jawa Legit

Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit - Satu lagi olahan beras ketan yang super yumi dan cocok buat ngopi atau minum teh . yaitu kudapan elok wajik gula merah , salah satu kudapan elok tradisional yang khas di tempat jawa tengah . rasanya yang pulen , elok dan amis khas daun pandan ini memang menarik hati sekali . membuat elok yang legit di setiap gigitannya .

Untuk di beberapa kota , kudapan elok wajik ini sanggup di bilang sulit untuk di temui . berbeda lagi untuk tempat jawa dan sekitarnya , alasannya yakni kudapan elok wajik yang elok legit ini masih tetap axiz . untuk tempat jawa kudapan elok wajik biasanya selalu di sajikan di banyak sekali ritual sopan santun dan syukuran . ibarat sedekah bumi , sedekah bahari , program khajatan ibarat nikahan , khitanan atau pun pengajian . 

Biasanya kudapan elok wajik selalu di sajikan dengan kudapan elok ketan putih , pisang , rebusan ubi dan lain sebagainya dalam satu wadah atau bungkus . masyarakat yang memakai kudapan elok wajik untuk program khajatan , syukuran atau sopan santun biasnaya mereka membuat sendiri . dengan di bantu oleh warga , mereka membuat kudapan elok wajik dengan wajan yang cukup besar . namun untuk yang ingin menikmati kudapan elok wajik untuk kuliner ringan sendiri biasanya mereka membelinya di pedagang .

Selain kudapan elok wajik jawa tengah yang cukup populer dimana-dimana . ternyata ada juga kudapan elok wajik yang khas di tempat sunda , khususnya bandung dan sukabumi . kudapan elok wajik untuk tempat sunda bersama-sama hampir sama dengan kudapan elok wajik khas jawa tengah . sama-sama legit dan memakai gula merah sebagai teman setia sang beras ketan .

Untuk tempat sunda , kudapan elok wajik biasanya di jual oleh para pedagang di pasar tradisional atapun di tempat toko kudapan elok . bahkan kudapan elok wajik sering dijadikan sebagai buah tangan yang khas dari sunda . nah untuk anda yang ingin sekali merasakan yummy dan legitnya kudapan elok wajik tak usah jauh-jauh pergi kesana . alasannya yakni dengan mengikuti resep dan cara membuat ibarat dibawah ini anda sudah sanggup membuat kudapan elok wajik sendiri dirumah .

Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit

 Satu lagi olahan beras ketan yang super yumi dan cocok buat ngopi atau minum teh  Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit

Bahan Kue Wajik Gula Jawa :

  • Beras ketan 400 gram
  • Santan 500 mili liter 
  • Gula merah 100 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Daun pandan 1 lembar
  • Garam 1 sendok teh
  • Daun pisang secukupnya 

Cara Membuat Kue Wajik Gula Jawa :

  1. Pertama-tama basuh higienis beras ketan . kemudian rendam selama 20 menit . tiriskan , kemudian kukus beras ketan selama 15 menit .
  2. Sambil menunggu beras ketan matang anda sanggup memasak gula merah dan gula putih sampai mencair, saring . selanjutnya rebus santan sampai mendidih kemudian masukkan gula yang sudah di cairkan tadi , aduk rata . masukkan daun pandan dan beras ketan yang sudah di kukus , aduk terus sampai santan habis dan tidak lembap sama sekali dan campuran kering .
  3. Setelah itu alasi loyang dengan plastik atau sanggup juga dialasi dengan daun pisang . tuang campuran wajik yang sudah jadi ke dalam loyang , tekan-tekan dan biarkan hirau taacuh .
  4. Selanjutnya keluarkan cetakan dari wajik , kemudian potong-potong wajik sesuai selera .
  5. Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit siap disajikan .

Selesai , cukup gampang bukan dalam membuat kudapan elok wajik gula jawa ini ? oh iya , resep ini dibentuk untuk sekitar 28 potong kudapan elok wajik saja . jikalau anda ingin membuatnya lebih banyak silahkan tambahkan bahan-bahan yang dipakai sesuai dosis . sepakat , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit yang kami bagikan kali ini . 

Buka juga info resep lainnya ibarat Resep Membuat Roti No-Knead Bread . Terimakasih sudah membuka , semoga resep-resep yang kami bagikan sanggup bermanfaat untuk anda . jikalau anda menyukai artikel Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit ini jangan lupa like atau share ke media umum kalian ya . ibarat facebook , twitter atau google plus anda semoga memudahkan kami dalam mengembangkan resep kuliner dan resep kudapan elok lainnya yang tentunya akan bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel