Resep Menciptakan Otak-Otak Ikan Bandeng

Resep Membuat Otak-otak Ikan Bandeng - Otak-otak Ikan Bandeng merupakan salah satu masakan Khas Gresik Jawa Timur yang cukup terkenal di Nusantara. bukan saja Nasi Krawu Khas Gresik yang melegenda, namun otak-otak ikan bandeng juga merupakan masakan pujian bagi warga Kota Gresik. rasanya yang enak dan dengan menu yang berbeda menciptakan otak-otak ikan bandeng mempunyai keunikan tersendiri. untuk otak-otak ikan bandeng biasanya disajikan dengan aneka sambal nusantara menyerupai otak-otak ikan pada umumnya.

Misalnya menyerupai sambal kacang, sambal rawit, sambal terasi dan lain sebagainya. bila di kota Jakarta dan Kota Batam yang terkenal dengan otak-otak ikan tengirinya yang dibungkus dengan daun pisang. berbeda dengan otak-otak ikan bandeng khas gresik. alasannya otak-otak ikan bandeng goreng disajikan utuh satu ekor ikan bandeng yang dipisahkan antara daging dan durinya.

Menggunakan ikan bandeng yang segar dan kaya akan gizi menciptakan otak-otak ikan bandeng dicari banyak orang untuk dikonsumsi. entah itu sebagai lauk teman nasi dan sayuran lainnya, atau dapat juga disajikan sebagai kudapan bersama Minuman Segar Khas Gresik Seperti Es Legen. ikan bandeng dengan rasa gurih yang dipadukan dengan isian otak-otak ikan bandeng yang pedas begitu nikmat dimulut. terasa enak dan enak sekali, seakan tak ingin berhenti mengunyang dikala menikmati menu otak-otak ikan bandeng.

Pada umumnya otak-otak itu ialah masakan serupa menyerupai siomay ikan tengiri yang dibungkus daun pisang kemudian dimasak dengan cara dibakar diatas arang terlebih dahulu kemudian disajikan dengan sambal kacang. namun berbeda kata otak-otak bagi masyarakat surabaya dan sekitarnya. alasannya arti otak-otak disana ialah panganan atau masakan olahan yang terbuat dari daging ikan bandeng yang di pisahkan dari durinya kemudian dibumbui, dan di bungkus oleh kulit orisinil ikan bandeng itu sendiri. jikalau dilihat proses pembuatan otak-otak ikan bandeng khas Gresik Surabaya ini sangat unik ya?

Oh iya, perlu anda ketahui otak-otak ikan bandeng lembut gurih ini juga tak hanya terkenal di Gresik. alasannya di Banten otak-otak bandeng juga cukup diminati oleh masyarakat disana. namun disana bukan dikenal sebagai Otak-otak Ikan Bandeng atau Otak-otak Bandeng, namun dengan nama Ikan Bandeng Isi, Bandeng Isi Goreng, Sate Bandeng atau Sate Ikan Bandeng. yups, masing-masing tempat mempunyai keunikan, sejarah dan cita rasa tersendiri, namun tetap sama-sama enak dan enak loh. 

Nah, bagi anda yang mulai ingin tau dan bertanya-tanya bagaimana sih Cara Membuat Otak-otak Ikan Bandeng Khas Gresik ini? jikalau begitu yuck disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat nya menyerupai berikut ini. selamat mencoba :)

Resep Membuat Otak-otak Ikan Bandeng

otak Ikan Bandeng merupakan salah satu masakan Khas Gresik Jawa Timur yang cukup terkenal d Resep Membuat Otak-otak Ikan Bandeng

Bahan-bahan Otak-otak Bandeng :

  • Kelapa 75 gram ( diparut kasar, sangrai, kemudian haluskan )
  • Ikan bandeng ukuran sedang 2 ekor
  • Telur 2 butir ( dikocok lepas )
  • Santan 3 sendok makan ( dari 1/4 butir kelapa ) dapat memakai santan instan
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Telur 2 butir ( dikocok lepas untuk pencelup )
  • Minyak goreng secukupnya ( dipakai untuk menggoreng )

Bumbu Halus Otak-otak :

  • Kemiri 4 butir ( sangrai )
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Ketumbar debu 1/2 sendok teh
  • Jahe 2 centi meter

Cara Membuat Otak-otak Ikan Bandeng :

  1. Langkah awal bersihkan ikan bandeng, kemudian keluarkan daging ikannya. pisahkan daging ikan dan durinya, sisihkan kulit ikan.
  2. Selanjutnya haluskan daging ikan bandeng, kemudian tambahkan dengan bumbu halus, telur, kelapa sangrai, santan, garam, dan gula. aduk rata.
  3. Setelah itu masukkan daging ikan bandeng ke dalam kulit ikan bandeng sampai membentuk ikan lagi. jahit bab ikan yang tebuka sampai rapih kembali.
  4. Kemudian kukus didalam pengukus dengan memakai api sedang selama kurang lebih 30 menit sampai matang.
  5. Terakhir celupkan ikan bandeng yang sudah dikukus ke dalam telur, kemudian goreng didalam minyak yang banyak sampai matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. angkat, tiriskan.
  6. Otak-otak Ikan Bandeng Gurih Crispy siap disajikan bersama sambal kacang atau sambal khas nusantara lainnya sesuai selera.

Tak butuh usang untuk menciptakan kudapan gurih yang renyah diluar dan lembut di dalam menyerupai otak-otak ikan bandeng orisinil Gresik ini. alasannya cara membuatnya sangat gampang dan mudah sekali. hanya saja anda harus berhati-hati dikala menguliti dan memisahkan antara daging dan durinya, semoga kesudahannya manis tepat menyerupai wujud ikan bandeng original khas Ikan Bandeng Presto Goreng. kami ingatkan kembali jangan lupa pilih ikan bandeng yang masih segar dan fress ya. semoga kesudahannya enak, gurih, sedap dan tidak berbau amis.

Oke deh, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Otak-otak Ikan Bandeng dirumah. semoga dengan adanya Resep Otak-otak Bandeng Praktis ini akan memudahkan anda menyajikan hidangan sehari-hari yang enak nan unik disetiap harinya. buka juga resep menarik lainnya menyerupai Resep Membuat Cireng Isi Ayam Pedas yang sayang sekali bila anda lewatkan. tetap setia di blog sederhana kami harianresep.blogspot.com, alasannya masih banyak aneka resep menarik lainnya yang belum kami bagikan untuk anda. terimakasih sudah berkunjung, semoga resep-resep yang kami bagikan bermanfaat. sekian. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel