Resep Ayam Tinoransak Khas Manado

Resep Ayam Tinoransak Khas Manado - Satu lagi kuliner khas Nusantara yang sayang sekali bila terlewatkan. berjulukan Ayam Tinoransak, kuliner rumahan yang enak ini berasal dari Manado Sulawesi Utara. bagi anda yang berasal dari kota Manado dan sekitarnya tentunya sudah tak aneh lagi dengan Ayam Tinoransak bukan? mempunyai rasa yang enak dan cukup pedas menciptakan Ayam Tinoransak banyak disukai banyak orang yang menyukai kuliner pedas.

Walaupun kebanyakan kuliner Manado dibentuk dengan materi dasar ikan, namun Ayam Tinoransak ini cukup terkenal disana. untuk resep Ayam Tinoransak orisinil atau original nya bekerjsama menggunakan daging babi. namun kini sudah aneka macam kreasi kuliner tinoransak yang dikreasikan dengan daging lain. mulai dari Tinoransak Daging Sapi, Tinoransak Daging Kambing, Tinoransak Daging Bebek dan Ayam Tinoransak/Tinoransak daging ayam yang resepnya akan kami bagikan untuk anda.

Bila kita lihat dari bentuk dan tampilannya, kuliner Ayam Tinoransak khas Manado ini hampir ibarat dengan kuliner padang. yah, semacam kuliner padang yang menggunakan sambal hijau kayak model sambal lado mudo khas Padang. mungkin alasannya yaitu materi kuliner Ayam Tinoransak ini banyak menggunakan cabe hijau dan cabe rawit. 

Penggunaan cabe yang cukup banyak menciptakan kami berfikir bila Ayam Tinoransak semacam sambal orang Manado. namun ternyata sesudah matang dan dicoba rasanya sungguh enak dan lezat. rasa cabe nya sudah tidak terlalu terasa pedasnya alasannya yaitu sudah di kombinasikan dengan daun jeruk dan sereh yang di cincang halus. pokoknya bagi anda yang suka kuliner pedas, kami rekomendasikan Ayam Tinoransak ini untuk segera di coba dirumah.

Namun bagi anda yang tidak terlalu suka pedas, penggunaan cabe nya dapat di sesuaikan dengan selera masing-masing. Ayam Tinoransak Ala Manado yang pedas paling enak di santap dengan nasi pulen yang hangat. boleh di tambahkan lalaban ibarat potongan mentimun, kol, daun selada, petai dan lain sebagainya bila suka. bagaimana, ingin tau dan segera ingin mencoba Ayam Tinoransak untuk sajian makan sehari-hari dirumah? kalau begitu, yuck di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Ayam Tinoransak ibarat berikut ini.

Resep Ayam Tinoransak dan Cara Membuatnya

 Satu lagi kuliner khas Nusantara yang sayang sekali bila terlewatkan Resep Ayam Tinoransak Khas Manado

Bahan-bahan Ayam Tinoransak :

  • Dada fillet 1 buah atau boleh pakai belahan lainnya ( potong kecil-kecil )
  • Daun jeruk 6 lembar ( buang tulangnya kemudian iris tipis-tipis )
  • Sereh cincang 1 sendok makan dari 2 batang sereh yang diambil belahan putihnya kemudian di iris halus
  • Jeruk nipis 1/2 butir ambil airnya
  • Daun bawang 2 batang ( iris serong )
  • Air 50 mili liter/secukupnya
  • Minyak goreng 5 sendok makan ( dipakai untuk menumis )
  • Daun kemangi secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir/gula jawa secukupnya

Bumbu Halus Tinoransak (Tumbuk Kasar) :

  • Red onion 1/2 buah atau dapat diganti bawang merah 5 butir
  • Cabai hijau 5 buah
  • Cabai rawit 4 buah
  • Jahe debu 1/2 sendok teh

Cara Membuat Ayam Tinoransak Khas Manado :

  1. Langkah awal tumis bumbu halus, daun jeruk dan sereh sampai tercium aroma basi sedap.
  2. Kemudian masukkan ayam, masak sampai ayam setengah matang. kemudian masukkan garam, gula dan air dengan bertahap sampai ayam matang. bila anda ingin lebih kering dan tidak kebanyakan kuah silahkan masak sampai air menyusut.
  3. Selanjutnya masukan air jeruk nipis dan irisan daun bawang aduk sebentar, kemudian angkat.
  4. Ayam Tinoransak Khas Manado siap untuk disajikan.

Masakan Tinoransak Daging Ayam ini model masakannya kaya semacam kuliner rica-rica ya, alasannya yaitu pemotongan dagingnya yang kecil-kecil ala kuliner Jepang Ayam Teriyaki. namun rasanya benar-benar kuliner Indonesia sekali alasannya yaitu banyak pengunaan rempah-rempah didalamnya. ya sudah, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Ayam Tinoransak Khas Manado ini dirumah. buka juga informasi resep kuliner lainnya ibarat Resep Pepes Ikan Tongkol Daun Kemangi dan kudapan enak ibarat Resep Pisang Goreng Pontianak Kremes yang patut untuk dicoba. terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com, biar bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel