Resep Pepes Ikan Tongkol Daun Kemangi

Resep Pepes Ikan Tongkol Daun Kemangi - Pepes ikan tongkol merupakan salah satu kreasi kuliner yang sanggup kita buat dari materi ikan tongkol. memang cukup unik ya, alasannya ialah ikan tongkol yang biasanya dimasak tumis menyerupai ikan tongkol cabe hijau, ikan tongkol suwir, tumis ikan tongkol kecap atau abon ikan tongkol, untuk kali ini dimasak berbeda dari biasanya yaitu dimasak dengan cara dipepes. soal rasa, jangan di tanya deh !! tentu saja pepes ikan tongkol ini mempunyai rasa yang enak dan lezat.

Hadirnya kuliner pepes ikan tongkol merupakan sajian yang tepat ketika anda mulai bosan menikmati pepes-pepes ikan lainnya yang biasa kita nikmati. contohnya menyerupai pepes ikan mas, pepes ikan mujair, pepes ikan patin dan lain sebagainya. untuk menciptakan pepes ikan tongkol ini prosesnya hampir sama dengan aneka pepes ikan pada umumnya. untuk bumbu yang digunakan juga sama-sama menggunakan bumbu rempah komplit yang khas dari Indonesia.

Rempah-rempah yang wajib ada ketika menciptakan pepes ikan tongkol ini ialah kemiri, kunyit, jahe dan lengkuas. nah, sedangkan untuk rasa pedasnya kita akan menggunakan 2 macam cabe yaitu cabe merah keriting dan cabe merah besar. pemakaian kedua cabe yang populer akan rasa pedasnya ini semakin menambah rasa nikmat sang pepes ikan tongkol. untuk tingkat kepedasannya sanggup anda sesuaikan sendiri berdasarkan selera anda ya.

Selain menggunakan bumbu rempah yang komplit, dalam resep pepes ikan tongkol ini kita juga akan menggunakan daun kemangi dan santan segar. daun kemangi yang mempunyai aroma wangi yang khas, cocok sekali dipadukan dengan ikan tongkol supaya pepes tidak basi anyir dan tentu saja menambah sedapnya. sedangkan untuk santan kelapa segar yang digunakan juga merupakan materi yang wajib ada. bertujuan supaya rasa pepes ikan tongkol semakin enak dan gurih sampai santapan terakhir.  

Bagi anda penggemar pepes, resep pepes ikan tongkol ala harianresep.blogspot.com ini wajib untuk anda coba. rasanya yang enak dari ikan tongkol yang dipadukan dengan aneka bumbu yang menemaninya akan memanjakan pengecap anda yang suka dengan kuliner enak. dan sajian dari ikan tongkol yang satu ini cocok sebagai komplemen nasi putih hangat. Nah, untuk lebih terang dari Bahan-bahan Dan cara Membuat Pepes Ikan Tongkol Daun Kemangi nya, silahkan simak artikel resepnya dibawah ini. 

Resep Pepes Ikan Tongkol Daun Kemangi

 Pepes ikan tongkol merupakan salah satu kreasi kuliner yang sanggup kita buat dari materi ik Resep Pepes Ikan Tongkol Daun Kemangi

Bahan Bumbu Pepes Ikan Tongkol :

  • Ikan tongkol pindang 5 ekor ( 340 gram ), potong-potong
  • Santan 100 mili liter dari 1/2 butir kelapa
  • Daun kemangi 2 tangkai ( ambil daunnya )
  • Daun pisang 3 lembar ( untuk membungkus )

Bumbu Halus Pepes Ikan Tongkol :

  • Cabai merah keriting 5 buah
  • Cabai merah besar 2 buah
  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 4 butir ( disangrai )
  • Kunyit 1 centi meter ( dibakar )
  • Jahe 1 centi meter
  • Lengkuas 1 centi meter
  • Tomat merah 1 buah
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 3/4 sendok teh

Cara Membuat Pepes Ikan Tongkol :

  1. Langkah awal, aduk bumbu halus, santan dan daun kemangi sampai rata.
  2. Selanjutnya lumuri ikan tongkol pindang dengan adonan bumbu. sisihkan.
  3. Setelah itu ambil daun pisang, letakkan ikan dan bumbunya. bungkus rapih, kemudian semat ujungnya dengan lidi. kukus 45 menit di atas api sedang sampai matang, angkat.
  4. Selanjutnya bakar pepes sampai harum dan ikan matang sempurna. angkat, sajikan.

Demikian bahan-bahan dan proses pembuatan pepes ikan tongkol secara gampang dan praktisnya. selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Pepes Ikan Tongkol Daun Kemangi ini dirumah. buka juga info resep menarik lainnya menyerupai Resep Membuat Udang Bakar Madu Lezat yang sayang sekali kalau terlewatkan. terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com, semoga resep-resep yang kami bagikan sanggup bermanfaat. sekian :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel